Dalam dunia pendidikan kita sekarang ini khususnya di SD pembelajaran musik tidaklah asing lagi, akan tetapi banyak sekali para guru yang anti mengajarkan musik alasannya mereka merasa tidak memiliki bakat bermusik. Tidak seperti dulu yang menganggap bahwa bakatlah yang mempengaruhi kepandaian seseorang dalam bermain musik. Pandangan itu harus dibuang jauh-jauh, sebab pembelajaran musik untuk anak SD pun tak kalah penting guna tercapainya pengembangan pribadi manusia Indonesia seutuhnya. Karena pada hakekatnya musik adalah salah satu seni yang merupakan fundamental dari kemanusiaan manusia.
Pembelajaran musik yang menyangkut unsur-unsur musik seperti irama, melodi, harmoni dan bentuk struktur lagu ini mendorong tumbuhnya rasa musik (sense of music) sehingga membuat anak memiliki rasa seni secara ilmiah. Namun yang lebih penting dalam pembelajarn musik untuk anak SD ditekankan lebih dahulu dengan penanaman pandangan bahwa bermain musik itu mudah dan menyenangkan, selanjutnya dapat berangsur-angsur diperkenalkan dengan apa itu apresiasi, keterampilan dan kreativitas bermusik.
Pembelajaran musik di sekolah dasar diberikan secara bertahap sesuai tingkat perkembangan anak. Selain itu pelaksanaan pembelajarannya pun harus memperhatikan pertambahan kemampuan, perkembangan sikap estetis, dan ketrampilan musik secara gradual menurut tata urutan yang logis dengan memperhatikan kesenangan dan keterlibatan dalam bermusik.
Untuk cara penyampaian materi musik pada anak SD tak ada salahnya kita mencontoh Rosulullah, yaitu teknik pengulangan. Teknik ini sering Rosulullah gunakan untuk memperkuat bobot materi serta untuk memperkuat ingatan. Teknik pengulangan ini meliputi dua hal yaitu: pengulangan berurut dan pengulangan serentak. Pengulangan berurut itu menyampaikan hal yang sama pada waktu yang berbeda, misal diulang lagi pada pertemuan selanjutnya. Sedangkan pengulangan serentak yaitu menyampaikan hal yang sama dengan teknik yang berbeda dalam waktu yang sama. Misalnya dalam mengajarkan membaca not angka guru dapat memberi contoh membacanya sendiri, kemudian memperdengarkan melalui kaset dll.
Kelebihan penggunaan teknik pengulangan pada pembelajaran musik di SD yaitu teknik ini cenderung dapat mengatasi perbedaan individual pada anak. Anak adalah individu yang unik, yang berbeda satu sama lain baik dari segi gaya belajar maupun pemahaman. Sehingga diharapkan tidak akan ada anak yang merasa kesulitan dalam belajar musik.
Pembelajaran musik di sekolah dasar diberikan secara bertahap sesuai tingkat perkembangan anak. Selain itu pelaksanaan pembelajarannya pun harus memperhatikan pertambahan kemampuan, perkembangan sikap estetis, dan ketrampilan musik secara gradual menurut tata urutan yang logis dengan memperhatikan kesenangan dan keterlibatan dalam bermusik.
Untuk cara penyampaian materi musik pada anak SD tak ada salahnya kita mencontoh Rosulullah, yaitu teknik pengulangan. Teknik ini sering Rosulullah gunakan untuk memperkuat bobot materi serta untuk memperkuat ingatan. Teknik pengulangan ini meliputi dua hal yaitu: pengulangan berurut dan pengulangan serentak. Pengulangan berurut itu menyampaikan hal yang sama pada waktu yang berbeda, misal diulang lagi pada pertemuan selanjutnya. Sedangkan pengulangan serentak yaitu menyampaikan hal yang sama dengan teknik yang berbeda dalam waktu yang sama. Misalnya dalam mengajarkan membaca not angka guru dapat memberi contoh membacanya sendiri, kemudian memperdengarkan melalui kaset dll.
Kelebihan penggunaan teknik pengulangan pada pembelajaran musik di SD yaitu teknik ini cenderung dapat mengatasi perbedaan individual pada anak. Anak adalah individu yang unik, yang berbeda satu sama lain baik dari segi gaya belajar maupun pemahaman. Sehingga diharapkan tidak akan ada anak yang merasa kesulitan dalam belajar musik.
Posted in:
0 komentar:
Posting Komentar