Senin, 15 Oktober 2012

Program Kurikulum


Pengembangan kurikulum SD Negeri Panjang Wetan 01 berpedoman pada kurikulum tingkat satuan pendidikan  atau dikenal dengan istilah KTSP. 
Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan di kelas rendah adalah pendekatan thematic teaching sehingga pelajaran tidak berjalan secara terpisah melainkan saling mengisi dengan memanfatkan berbagai media (tool) dalam proses pembelajaran. Pendekatan holistic diimplementasikan di kelas 1-3 didasarkan pada karakteristik usia SD kelas awal, dimana siswa melihat dirinya sebagai pusat lingkungan yang merupakan suatu keseluruhan dan belum jelas unsur – unsurnya.
Proses belajar mengajar yang dikembangkan oleh guru telah dirancang sedemikian rupa dalam bentuk rancangan pelaksanaan pembelajaran  ( RPP ). Di dalam RPP, skenario pembelajara disusun dengan memperhatikan aspek aktifitas dan kreativitas siswa dalam mencapai kompetensi yang telah ditargetkan.
   Kegiatan terstruktur lain yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan pengembangan diri. Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta kegiatan ekstra kurikuler.
Kegiatan pengembangan diri berupa pelayanan konseling di SDN Panjang Wetan 01 difasilitasi/dilaksanakan oleh konselor ( guru kelas maupun psikolog dari Lembaga JPKIP Bina Medika Pekalongan ), dan kegiatan ekstra kurikuler dibina oleh pelatih, guru dan atau tenaga kependidikan lain yang sesuai dengan kemampuan dan kewenangannnya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler dapat mengembangankan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Untuk siswa muslim kelas I – VI, sekolah juga melaksanakan program kegiatan pembelajaran BTQ (Baca Tulis Al Qur’an). Pembelajarannya dilaksanakan selama 1 jam sesudah pelajaran pokok selesai. 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

SDN Panjang Wetan 01 Pekalongan. Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites