Selasa, 30 Oktober 2012

Sekolah Berwawasan Lingkungan


SD Negeri Panjang Wetan 01 adalah sekolah yang berwawasan lingkungan namun mengedepankan konsep sekolah berbasis produksi. Soal lingkungan apapun pasti setuju jika menyebut sekolah ini sebagai sekolah hijau. Lihat saja lingkungan sekolahnya yang sangat luas dan ditumbuhi berbagai tanaman dan pohon. Membuat suasana sekolah terasa sejuk sehingga siswa pun nyaman di sekolah. Meski berada di ingkungan perumahan namun suasana sekolah sangat mendukung proses pembelajaran.
Beberapa waktu yang lalu, SD Negeri Panjang Wetan 01 bersama dengan sekolah di Kota Pekalongan serentak melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon. Kegiatan ini digelar dalam rangka hari menanam nasional dan menyukseskan Program Go Green. Penanaman disaksikan oleh seluruh siswa. Masing-masing pembina siswa didaulat untuk menanam satu bibit pohon blimbing. Bibit tanaman juga ditanam  oleh kepala sekolah sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan.
Beliau juga mejadi ketua panitia acara Go Green memberikan edukasi kepada siswanya terkait aksi tanam pohon itu. Sebelum memulai menanam ia menjelaskan pentingya menjaga lingkungan agar tetap hijau. Jika tidak manusia sendiri yang akan merugi. Misalnya saja lingkungan yang ada disekitar sekolah atau bahkan di Kota Malang kering tapoa pohon maka akan terjadi kekeringan.
Air akan sulit didapatkan bahkan masyarakat akan kesulitan mencari air untuk minum. Karena itulah  ia mengajak seluruh siswanya untuk peduli dan sejak dini mencintai lingkungan. Apa yang ditanam hari ini akan dipanen di hari esok dan masa depan. Di hari sambutannya beliau juga menghimbau kepada semua siswa dan seluruh civitas akademik untuk “menanam, menyayanginya dan tidak merusak lingkungan”.
Selain melibatkan yayasan yang didaulat menanam, aski tersebut juga diikuti oleh kader tiwisada Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan. Perwakilan siswa ini melakukan penanaman pohon disaksikan oleh teman-teman mereka. Dengan penuh semangat mereka menanam dan dengan penuh kasih sayang mereka merawat tanaman tersebut.
Usai penanaman bibit pohon, dilanjutkan dengan penandatangan bentangan spanduk di area pintu masuk sekolah sepanjang 10 Meter oleh  semua siswa dan guru agar berkomitmen terhadap kepedulian lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

SDN Panjang Wetan 01 Pekalongan. Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites